Eksport Yamaha Indonesia Meningkat, R25 dan NMax Menjadi Primadona

1.jpg

Yamaha R25

Halo Lur, siapa yang gak kenal pabrikan roda dua satu ini? Yups Yamaha, pabrik dengan logo garputala ini sukses menggebrak pasar eksport Internasional lewat produksi roda dua nya. Lihat aja tuh, eksport yang dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di bulan Oktober 2015 ternyata menjadi eksport tertinggi di antara rival rival roda dua nya. Menurut data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia sebanyak 15.164 unit motor hasil produksi telah di eksport. Wuuiiikk, akeh yo Lur ternyata. Sek sek, itu hanya untuk bulan Oktober yang masing masing di sumbang oleh All New Soul GT yang diekspor 5.000 unit, lalu NMAX 4.824 unit dan MT-25 ada 1.880 unit. Lha terus Januari sampai Oktober berapa?

2.JPG

Yamaha NMax

Menurut data yang NR himpun, akumulasi total dari Januari hingga Oktober 2015 mencapai 118.964 unit. Lha, tambah akeh ae Lur. Dan ternyata eksport tersebut didominasi oleh sport fairing twin silinder  (Yamaha R25) dan skutic bongsor nya (Yamaha NMax). Yamaha R25 mendominasi eksport dengan 35.200 unit nya atau sekitar 30% dari total eksport. Sedang NMax menyumbang 23.404 atau sekitar 20% dari total eksport. Podium ke tiga diisi dari All New Soul GT sebanyak 21.500 unit.

Nah, itu data tahun kemarin, lalu bagaimana dengan tahun ini? Masih tajam Lur. Di bulan Januari saja total ada 15.479 unit yang dilepas di pasar eksport, dari catatan tersebut berarti produksi eksport YIMM meningkat 86% dibandingkan dengan Januari 2015. Dominasi tetap dipegang Yamaha R25 (4.440 unit) dan NMax (4.040 unit). Laris cak…..

3.jpg

All New Soul GT

Bahkan menurut data yang diolah, eksport Yamaha R25 tersebut meningkat tajam di angka 147% dibanding bulan Desember 2015. Meningkatnya jumlah total ekspor ini merupakan bukti konsumen luar mengakui kualitas produk Yamaha Indonesia. Kami pun telah membayar kepercayaan sebagai basis produksi global model seperti

R25, NMAX dan MT-25, yang di market luar permintaannya terus melonjak,” Menurut Muhammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Wah, rupanya konsumen luar negeri percaya terhadap produk hasil dalam negeri ini, mengingat ini juga meningkatkan lapangan pekerjaan dan citra Indonesia di Negeri Luar. Keren kan Lur, jadi gak salah nih pabrikan Iwata mempercayai YIMM sebagai basis produksi untuk beberapa produk andalan mereka.

Last but not Least, mari kita dukung kegiatan positif yang memunculkan lapangan lapangan pekerjaan baru seperti ini, bukti kan kualitas produksi dalam negeri bisa diterima di citra Internasional.

By Ngalam Rider

Leave a comment